MAKALAH
BAHASA INDONESIA
PERPUSTAKAAN
SEKOLAH
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Tuhan yang telah
menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini dengan penuh kemudahan. Tanpa
pertolongan-Nya mungkin penyusun tidak akan sanggup menyelesaikan dengan
baik.Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa besar pengaruh
perpustakaan sekolah terhadap mutu pendidikan yang kami sajikan berdasarkan
pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini disusun oleh penyusun dengan
berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang
dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan
akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Makalah ini memuat tentang
“Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” dan sengaja
dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat
dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.Penyusun juga
mengucapkan terima kasih kepada guru/instruktur diklat yang telah banyak
membantu penyusun agar dapat menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah ini
dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini
memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya.
Terima kasih.
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR 2
DAFTAR ISI 3
BAB I PENDAHULUAN 4
A. LATAR BELAKANG MASALAH 4
B. IDENTIFIKASI MASALAH 5
C. PEMBATASAN MASALAH. 5
D. PERUMUSAN MASALAH. 5
BAB II PEMBAHASAN 6
A. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH 6
B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH 7
C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH 8
BAB III PENUTUP 10
A. SIMPULAN 10
B. SARAN 10
Daftar Pustaka 11
BAB I
Pendahuluan
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang
dan mengalami kemajuan, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara
berpikir manusia. Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak
akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa
kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem
pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita
berpikir kritis, kreatif, dan produktif.
Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin
mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus
terbentuk masyarakat belajar. Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki
kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca
sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak
dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang
harus dipenuhi.
Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna
dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi.
Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan
sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan
bangsa. Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap
mutu pendidikan.
B. IDENTIFIKASI MASALAH (LATAR BELAKANG)
Sesuai dengan judul makalah ini “Pengaruh
Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah”, terkait dengan
pelaksanaan program pendidikan di sekolah dan fungsi serta sumbangan
perpustakaan terhadap pelaksanaan program tersebut.
Berkaitan dengan judul tersebut, maka masalahnya
dapat diidentifikasi sebagai berikut :
1. Bagaimana peran perpustakaan terhadap
pelaksanaan program pendidikan di sekolah
2. Bagaimana cara agar perpustakaan sekolah
benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
C. PEMBATASAN MASALAH.
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka
masalah yang dibahas dibatasi pada masalah :
a. Peran perpustakaan terhadap pelaksanaan program
pendidikan di sekolah;
b. Cara-cara agar perpustakaan sekolah benar-benar
dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
D. Perumusan Masalah.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah
tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Bagaimana deskripsi peran perpustakaan terhadap
pelaksanaan program pendidikan di sekolah ?
2. Bagaimana deskripsi cara agar perpustakaan sekolah
benar-benar dapat meningkatkan mutu pendidikan di sekolah ?
BAB II
Pembahasan
Perpustakaan merupakan bagian intergral dari
lembaga pendidikan sebagai tempat kumpulan bahan pustaka, baik berupa buku
maupun bukan buku.
Sesuai dengan judul makalah ini, pembahasan
meliputi tujuan perpustakaan, fungsi perpustakaan dan sumbangan perpustakaan
terhadap pelaksanaan program pendidikan.
A. TUJUAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Tujuan utama penyelenggaraan perpustakaan sekolah
adalah meningkatkan mutu pendidikan bersama-sama dengan unsur-unsur sekolah
lainnya. Sedangkan tujuan lainnya adalah menunjang, mendukung, dan melengkapi
semua kegiatan baik kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler, di samping
dimaksudkan pula dapat membantu menumbuhkan minat dan mengembangkan bakat murid
serta memantapkan strategi belajar mengajar.
Namun secara operasional tujuan perpustakaan
sekolah bila dikaitkan dengan pelaksanaan program di sekolah, diantaranya
adalah :
1. Memupuk rasa cinta, kesadaran, dan kebiasaan
membaca.
2. Membimbing dan mengarahkan teknik memahami isi
bacaan.
3. Memperluas pengetahuan para siswa.
4. Membantu mengembangkan kecakapan berbahasa dan
daya pikir para siswa dengan menyediakan bahan bacaan yang bermutu.
5. Membimbing para siswa agar dapat menggunakan
dan memelihara bahan pustaka dengan baik.
6. Memberikan dasar-dasar ke arah studi mandiri.
7. Memberikan kesempatan kepada para siswa untuk
belajar bagaimana cara menggunakan perpustakaan dengan baik, efektif dan
efisien, terutama dalam menggunakan bahan-bahan referensi.
8. Menyediakan bahan-bahan pustaka yang menunjang
pelaksaanan program kurikulum di sekolah baik yang bersifat kurikuler,
kokurikuler, maupun ekstra kurikuler.
B. FUNGSI PERPUSTAKAAN SEKOLAH.
Berdasarkan tujuan perpustakaan sekolah, maka
dapat dirumuskan beberapa fungsi perpustakaan, sebagai berikut :
1. Fungsi Edukatif.
Yang dimaksud dengan fungsi edukatif adalah
perpustkaan menyediakan bahan pustaka yang sesuai dengan kurikulum yang mampu
membangkitkan minat baca para siswa, mengembangkan daya ekspresi, mengembangkan
kecakapan berbahasa, mengembangkan gaya pikir yang rasional dan kritis serta
mampu membimbing dan membina para siswa dalam hal cara menggunakan dan
memelihara bahan pustaka dengan baik.
2. Fungsi Informatif.
Yang dimaksud dengan fungsi informatif adalah
perpustakaan menyediakan bahan pustaka yang memuat informasi tentang berbagai
cabang ilmu pengetahuan yang bermutu dan uptodate yang disusun secara teratur
dan sistematis, sehingga dapat memudahkan para petugas dan pemakai dalam mencari
informasi yang diperlukannya.
3. Fungsi Administratif
Yang dimaksudkan dengan fungsi administratif ialah
perpustakaan harus mengerjakan pencatatan, penyelesaian dan pemrosesan
bahan-bahan pustaka serta menyelenggarakan sirkulasi yang praktis, efektif, dan
efisien.
4. Fungsi Rekreatif.
Yang dimaksudkan dengan fungsi rekreatif ialah
perpustakaan disamping menyediakan buku-buku pengetahuan juga perlu menyediakan
buku-buku yang bersifat rekreatif (hiburan) dan bermutu, sehingga dapat
digunakan para pembaca untuk mengisi waktu senggang, baik oleh siswa maupun
oleh guru.
5. Fungsi Penelitian
Yang dimaksudkan dengan fungsi penelitian ialah
perpustakaan menyediakan bacaan yang dapat dijadikan sebagai sumber / obyek
penelitian sederhana dalam berbagai bidang studi.
C. SUMBANGAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PELAKSANAAN
PROGRAM PENDIDIKAN DI SEKOLAH.
Bila diperhatikan secara jenih, maka perpustakan
sekolah sesungguhnya memberikan sumbangan terhadap pelaksanaan program
pendidikan di sekolah. Sumbangan / peranan perpustakaan antara lain :
1. Perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan
dan pusat kegiatan belajar.
2. Perpustakaan merupakan sumber ide-ide baru yang
dapat mendorong kemauan para siswa untuk dapat berpikir secara rasional dan
kritis serta memberikan petunjuk untuk mencipta.
3. Perpustakaan akan memberikan jawaban yang cukup
memuaskan bagi para siswa, sebagai tuntutan rasa keingintahuan terhadap
sesuatu, benar-benar telah terbangun.
4. Kumpulan bahan pustaka (koleksi) di
perpustakaan memberika kesempatan membaca bagi para siswa yang mempunyai waktu
dan kemampuan yang beraneka ragam.
5. Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para
siswa untuk mempelajari cara mempergunakan perpustakaan yang efisien dan
efektif.
6. Perpustakaan akan membantu para siswa dalam meningkatkan
dalam kemampuan membaca dan memperluas perbendaharaan bahasa.
7. Perpustakaan dapat menimbulkan cinta membaca,
sehingga dapat mengarahkan selera dan apresiasi siswa dalam pemilihan bacaan.
8. Perpustakaan memberikab kepuasan akan
pengetahuan di luar kelas.
9. Perpustakaan merupakan pusat rekreasi yang
dapat memberikan hiburan yang sehat.
10. Perpustakaan memberikan kesempatan kepada para
siswa dan guru untuk mengadakan penelitian.
11. Perpustakaan merupakan batu loncatan bagi para
siswa untuk melanjutkan kebiasaan hidup membaca di sekolah yang lebih tinggi.
12. Kegairahan / minat baca siswa yang telah
dikembangkan melalui perpustakaan sangat berpengaruh positif terhadap prestasi
belajarnya.
13. Bila minat membaca sudah tumbuh dan berkembang
pada diri siswa, maka perpustakaan juga dapat mengurangi jajan anak, yang ini
biasanya dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan anak.
14. Bahkan perpustakaan juga bagi anak-anak dapat
menjauhkan diri dari tindakan kenakalan, yang bisa menimbulkan suasana kurang
sehat dalam hubungan berteman diantara mereka.
BAB III
Penutup
A. SIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan “Peranan Perpustakaan
Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah” dapat disimpulkan bahwa :
1. Peranan perpustakaan sangat menunjang prestasi pendidikan
di sekolah.
2. Perpustakaan sangat penting dan harus ada pada
setiap sekolah di semua jenjang pendidikan.
3. Pengelolaan perpustakaan harus dilaksanakan
sesuai dengan tujuan dan fungsinya
B. SARAN
Bertolak dari peranan perpustakaan yang begitu banyak
sumbangsihnya dalam pelaksanaan program pendidikan di sekolah, penyusun
memberikan saran sebagai berikut:
1. Sebaiknya perpustakaan dikelola sesuai dengan
tujuan dan fungsinya.
2. Peran pengelola perpustakaan / pustakawan yang
profesional hendaknya mendapatkan bekal yang cukup sehingga menjadi pustakawan
yang handal dan profesional.
DAFTAR
PUSTAKA
www.wikipedia.com
0 comments:
Post a Comment