08:34
0
http://images.detik.com/content/2014/01/28/319/081219_iphone.jpg 
San Francisco - Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS), Apple Inc, mencetak rekor penjualan iPhone di triwulan terakhir 2013. Hasilnya, Apple meraup untung USD 13,1 miliar atau sekitar Rp 131 triliun.

Perusahaan yang didirikan almarhum Steve Jobs itu mencatat omzet USD 57,6 miliar (Rp 576 triliun) berkat penjualan 51 juta iPhone.

Selain itu, perusahaan yang bermarkas di California itu juga sudah menjual 26 juta iPad sepanjang triwulan yang berakhir 28 Desember itu. Jumlahnya ini mencetak rekor, sama halnya dengan penjualan Mac yang menembus 4,8 juta.

"Kami sangat senang dengan rekor penjualan iPhone dan iPad, ditambah dengan performa penjualan Mac dan pertumbuhan divisi iTunes, software dan servis," kata CEO Apple, Tim Cook, seperti dikutip detikINET dari AFP, Selasa (28/1/2014).

"Kami juga menyambut baik para pelanggan kami yang sudah loyal selama ini, membuat kami akan terus mengembangkan diri supaya kualitas dan layanan produk-produk kami bisa lebih baik di masa mendatang," jelasnya.

Saat ini Apple masih menjadi perusahaan termahal di dunia serta yang paling likuid. Namun para analis memprediksi pangsa pasarnya sudah mulai tergerus secara perlahan karena banyaknya ponsel pintar dan tablet baru bermunculan.

Pasalnya, jika dibandingkan dengan laba tahun lalu maka Rp 131 triliun yang didapat akhir tahun lalu itu stagnan alias hampir sama meski lebih tinggi dari prediksi analis yang memperkirakan labanya akan turun.

Kendati demikian, Apple sendiri sudah memprediksi omzetnya akan turun di triwulan ini menjadi hanya sekitar USD 42-44 miliar saja, bandingkan dengan triwulan sebelumnya yang mencapai USD 57,6 miliar.

Akibat prediksi ini, saham Apple jatuh 5,7% ke level USD 519,15 per lembar pada penutupan perdagangan Senin waktu setempat.

0 comments:

Post a Comment