16:16
0
poster_linux_big_family
Distro linux yang jumlahnya cukup banyak, mungkin banyak juga yang bertanya distro apa yang paling baik untuk dicoba. Berikut ini distro linux terbaik tahun 2013 yang patut dicoba.

1ubuntu
Ubuntu
Siapa yang tidak kenal dengan distro yang satu ini. Distro linux yang sangat populer untuk kalangan pengguna desktop personal. Sifatnya yang stabil dan banyak dukungan software menjadikan Ubuntu menjadi salah satu distro linux paling populer diantara yang lainnya.
Bagi pengguna awam distro linux ini cocok karena pengoperasiannya yang mudah. Ditambah Pergantian desktop Ubuntu ke Unity menambah tampilan visual yang mengagumkan. Hal yang patut untuk dibanggakan dari ubuntu adalah repositori software yang sangat banyak, dukungan komunitas ubuntu yang tinggi serta kompatibilitas driver untuk berbagai macam hardware komputer.

2linuxmint
Linux Mint
Linux Mint menjadi distro yang paling banyak diminati juga saat ini. Di samping tampilannya mirip dengan windows dengan status bar di bawah dan interface lainnya yang memukau distro ini juga punya banyak komunitas dan dukungan software dan hardware yang banyak pula.
Tampilannya yang sederhana dan familiar dengan user windows membuat user mudah untuk menyesuaikan diri dengan linux mint ini. Program default instalasinya juga sudah sangat banyak diinstall termasuk untuk Office, Internet, Chatting, Desktop Visual,dll.

3fedora
Fedora
Distro linux yang satu ini memang pertama kali di publish ke publik tahun 1995. walaupun sudah lumayan lama dirilis tetapi popularitasnya baru mulai menanjak di tahun 2004.

4opensuse
OpenSuse
(Software und System Entwicklung). Bagi pecinta teknologi windows dan ingin mengimplementasikannya di linux openSuse patut menjadi pilihan anda. Framework Mono dan Yast merupakan nilai tambah dari openSuse ini. Framework mono adalah penerapan teknologi .NET milik microsoft di linux. Sehingga bagi para developer .NET yang sudah membuat program dan ingin menjalankan aplikasinya di linux patut mencoba distro ini.
Yast merupakan sistem administrasi di linux yang memudahkan administrator untuk mempermudah berbagai perintah  yang biasanya rumit untuk dilakukan menjadi interface yang mudah hanya dengan klik saja.

5debian
Debian
Debian merupakan distro yang populer dan diturunkan ke berbagai distro populer seperti Linux Mint, Ubuntu,PCLinuxOS dll. Debian juga mendukung berbagai macam arsitektur processor dil luar Intel seperti ARM,MIPS, PowerPC, s390,HP-PA, dll. dengan adanya dukungan dengan platform yang lain memudahkan dalam penggunaan platform OS yang sama di lingkungan hardware yang berbeda.

6slackware
SlackWare
Distro yang satu ini memang tidak diperuntukkan bagi pemula karena penggunaan user yang kurang friendly tetapi mempunyai performa yang tinggi. Untuk menjalankan slackware anda harus banyak mengerti tentang teknologi UNIX, karena untuk mengoperasikannya butuh pengetahuan lebih di linux.

7gentoo
Gentoo
Bagi yang senang men-tuning system atau berhubungan dengan server gentoo dapat menjadi salah satu alternatif distro linux yang bagus. Seperti halnya slackware anda juga dituntut harus mengetahui banyak hal tentang UNIX.
Itulah distro linux terbaik ditahun 2013. Bagi yang berminat mencobanya silahkan download ke website resminya saja ya :D. Silahkan dikoreksi

0 comments:

Post a Comment