Bagi kamu yang sudah terbiasa belanja online pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah nomor resi, namun sebaliknya jika kamu baru pertama kali belanja online mungkin kamu masih bingung apa sih sebenarnya fungsi nomor resi itu.

Nomot resi adalah kode tertentu (biasanya 13 digit) yang digunakan oleh perusahaan jasa pengiriman barang sebagai kode unik untuk setiap pengiriman barang dan sifatnya rahasia. Nomor resi sifatnya rahasia dan yang boleh tau hanya pengirim dan penerima saja.

Jika penerima ingin mengambil barang di kantor JNE dan tidak ingin diantar ke rumah maka si Pengirim ini harus menyebutkan nomor resi. Itulah satu-satunya alasan kami mengapa nomor resi tidak pernah kami pajang di web. Nomor resi selalu kami SMSkan kepada pembeli satu persatu pada malam harinya. Hal ini untuk menghindari adanya penyalahgunaan nomor resi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

cara cek tracking di jne

tampilan jne.co.id

Selain fungsi di atas, nomor resi juga berfungsi untuk mengecek keberadaan barang pesanan kita sudah sampai mana, untuk jasa pengiriman menggunakan JNE, kamu bisa cek bahwa barang tersebut sudah benar-benar dikirim dengan memasukkan nomor resi pada kolom tracking di website resminya JNE (www.jne.co.id). Di situ akan terpampang nama dan kota kamu, itu membuktikan bahwa barang memang sudah benar-benar dikirim. Tapi jangan salah sangka dulu jika kamu cek keterangan yang muncul data not found, karena JNE juga butuh waktu untuk menginputkan data terebut kedalam database online mereka.

0 comments:

Post a Comment